Senin, 30 Mei 2011

TEKNIK PERANCANGAN DAN STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA PENDIDIKAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

TEKNIK PERANCANGAN DAN STRATEGI
PENGGUNAAN MEDIA PENDIDIKAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

1.   Teknik/prosedur perancangan media pendidikan
A.      Prosedur pemilihan dengan metode ASSURE
Menurut model ini apabila kita akan memilih media lakukan dengan mengikuti prosedur sesuai dengan tahapan ASSURE.
ASSURE mengandung makna dari masing-masing huruf yaitu:
a)    Analysis Leaner Characteristics
Tahap pertama adalah melakukan analisi terhadapa karakteristik siswa, secara garis besar kerakteristik siswa terbagi dua yaitu karakteristik umum dan karakteristik khusus. Karakteristik umum berkaitan dengan usia, pengalaman belajar sebelumnya, latar belakang keluarga, sosial, budaya dan ekonomi. Karakteristik khusus berkenaan dengan pengetahuan, skill dan sikap tertentu yang dimiliki siswa. Cara menganalisis karakteristik siswa yaitu menggunakan pengalaman nyata tentang suatu konsep baru dan mengetes karakteristik siswa.
b)    State Of Objective
      Langkah selanjutnya menentukan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang diharapkan tercapai. Tujuan pembelajaran tersebut dapat berupa:
    Standar kompetensi yaitu ukuran kemampuan minimal yang mencakup kemampuan pengetahuan, sikap, keterampilan yang harus dicapai, diketahui dan mahir dilakukan oleh peserta didik pada setiap tingkatan dari suatu materi yang diajarkan.
    Kompetensi dasar yaitu penjabaran standar kompetensi peserta didik yang cakupannya lebih sempit dari standar kompetensi.
    Indikator yaitu indikator pencapaian belajar berupa KD yang lebih spesifik yang dapat dijadikan ukuran untuk menilai ketercapaian hasil pembelajaran.

c). Select, Modify or Design Materials
Selanjutnya adalah kegiatan memilih media, memodifikasi media yang sudah ada atau merancang sesuai kebutuhan.
      d). Utilize Materials
Langkah selanjutnya yaitu digunakan dalam pembelajaran. Menggunakan media dalam pembelajaran perlu diperhatikan langkah-langkah menggunkaannya. Hal ini akan berbeda pada setiap media yang kita pilih. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan media yaitu siapkan waktu yang cukup untuk persiapan dan pemasangan media, pastikan media tersebut dapat digunakan.
    e). Require Learner Response
Selanjutnya perlu diamati bagaimana respon siswa terhadap penggunaan media tersebut. Sasaran akhir dalam pembuatan media adalah harus dapaat dipahami, dimengerti dan memudahkan siswa. Respon siswa dapat berupa respon positif dan negatif. Respon tersebut dapat diketahui dari ekspresi, pendapat langsung yaitu berupa persepsi dan tanggapan siswa.
    f). Evaluate
Merupakan tahap akhir dalam pemilihan media model ASSURE. Evaluasi merupakan proses membuat keputusan tentang nilai suatu objek. Keputusan evaluasi tidak hanya didasarkan atas hasil pengukuran tapi juga pengamatan baik dilakukan dengan pengukuran meupaun non pengukuran yang akhirnya menghasilkan suatu keputusan tentang nilai suatu objek yabg dinilai.

B.      Prosedur Pemilihan Media Model ANDERSON
Anderson (1976) untuk membuat satu model pemilihan media mengacu pada keterkaitannya dengan komponen lain.
Langkah-langkah:
a.    Langkah awal adalah menentukan karakteristik pesan yang akan disampaikan. Apakah pesan tersebut berupa fakta, konsep, gagasan, instruksi dan lain-lain.
b.    Selanjutnya tahap dua yaitu melengkapi bagaimana metode yang tepat sesuai dengan karakteristik pesan pembelajaran.
c.    Menentukan tujuan pembelajaran lebih bersifat kognitif, afektif atau psikomotor.
d.    Menentukan jenis media yang sesuai untuk jenis tujuan yang akan dicapai dengan mempertimbangkan kriteria lain seperti kebijakan, fasilitas yang tersedia, kemempuan prosuksi dan biaya.
e.    Mereview kembali jenis media yang telah dipilih, apakah sudah tepat atau masih terdapat kelemahan atau masih ada alternatif jenis media lain yang lebih tepat.
f.    Merencanakan, mengembangkan dan memprodeksi media.


2.  Strategi Penggunaan Media Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar.
Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan:
a)    Relevansi : antara tujuan, ketepatgunaan, keadaan peserta didik, ketersediaan, mutu teknis serta biaya.
b)    Kelayakan yaitu biaya yang lebih murah, kesesuaian dengan metode instruktusional, kesesuaian dengan peserta didik, pertimbangan teknis dan ketersediaan suku cadangnya.
c)    Kemudahan. Menurut Hartono Kasmadi:
    Pertimbangan produksi: ketersediaan bahan, kondisi fisik, harga, mudah dicapai, estetika.
    Pertimbangan peserta didik : watak, kesesuaian dan keterlibatan.
    Pertimbangan isi: sesuai dengan kurikulum, perkembangan IPTEK sesuai dengan kebutuhan.
    Pertimbangan guru: kemanfaatan dan kemampuan.



Strategi penggunaan media pendidikan dalam proses belajar mengajar:
    Posisi media dan guru harus harmonis
    Janganmembelakangi media
    Selalu berinteraksi dengan media
    Gunakan alat penunjuk yang mampu memfokuskan pesan.